Rabu, 19 Desember 2012

Boleh berniat puasa pada pagi hari bagi puasa sunnah



 Salah satu perbedaan antara puasa Wajib dan puasa Sunnah adalah, jika puasa Wajib (puasa Ramadlan) haruslah berniat puasa pada malam harinya, atau harus berniat dahulu sebelum melakukan puasa, tetapi kalau itu puasa Sunnah bolehlah berniat berpuasa pada pagi harinya, misalnya, sewaktu kita ingin makan untuk sarapan pagi, kemudian tidak kita jumpai satu makanan pun untuk dimakan, lalu pada saat itu kita berniat untuk berpuasa saja, maka yang demikian itu boleh dan Insya Allah sah. Sebagaiman yang dicontohkan Rasulullah SAW berikut :

Dari ‘Aisyah ummul mukminin, ia berkata, “Pada suatu hari  Nabi SAW masuk ke rumah lalu bertanya, “Apakah kamu mempunyai sesuatu (makanan) ?” Kami menjawab, “Tidak ada”. Maka beliau bersabda, “Bila demikian maka aku akan berpuasa”. Dan pada hari yang lain beliau datang pula, maka kami berkata, “Ya Rasulullah, ada orang yang menghadiahkan hais ( makanan yang dibuat dari korma, samin, dan susu kambing) kepada kita”. Beliau bersabda, “Perlihatkanlah kepadaku, karena sesungguhnya aku berpagi dalam keadaan berpuasa”. Kemudian beliau makan”. [HR. Muslim juz 2, hal. 809]

Dari hadits diatas dapat kita pahami bahwa niat berpuasa di pagi hari itu boleh, tetapi puasa yang dimaksut disini ialah puasa sunnah, sebab kalau puasa wajib haruslah berniat dimalam hari, atau harus berniat dahulu sebelum berpuasa.

Dan dalam hadits itu juga disebutkan bolehnya membatalkan puasa sunnah dengan sengaja. Misalnya,  pada hari ini kita sudah berniat berpuasa, kemudian ada kerabat atau tetangga memberi makanan kepada kita, atau kita diundang oleh orang lain untuk makan/walimahan, maka pada saat itu kita boleh membatalkan puasa untuk menghormati pemberian/ undangan makan itu.

Membatalkan puasa sunnah untuk menghormati orang lain karena memberi makanan kepada kita, bukan berarti hukumnya wajib, tetapi maksutnya adalah suatu kebolehan, karena ini memang puasa sunnah, jadi boleh membatalkan dan boleh tidak membatalakan, tetapi jika kita tidak membatalkan puasa, maka dijelaskan juga kepada orang yang memberi tadi kalau kita sedang berpuasa sunnah, supaya tidak ada rasa kecewa pada orang itu.

Mungkin hanya itu yang saya ketahui tentang bolehnya berniat puasa pada pagi hari bagi puasa sunnah, semoga bermanfaat dan bagi yang ingin menambahkan silakan tulis di komentar yaa......


~0(*****)0~

0 komentar:

Posting Komentar