Senin, 17 Desember 2012

Cara Yes Cegah Stres



Kali ini saya akan menuliskan beberapa tips atau kiat yang bisa mencegah stres. Sebelum stres itu datang alangkah baiknya kita cegah dengan beberapa tips berikut ini.

1.TIDUR YANG CUKUP

Beristirahat dengan cara tidur, telah terbukti bisa mengurangi stres. Itu karena tidur bisa memulihkan kesegaran tubuh dan pikiran, dan menolong kitamemelihara kesehatan mental dan fisik.

Menurud Dr. David Posen dalam tulisannya di Canadian of Continuing Medical Education, hampir seluruh pasian yang terjangkit stres, biasanya selalu diawali dengan keletihan. Ya, keletihan telah menjadi awal penderitaan mereka. Nah, ketika pasien yang mengidap stres mendapatkan lebih banyak istirahat, mereka akan merasa lebih tabah dan mampu beradaptasi dengan peristiwa yang dihadapi.

Selain itu sesibuk apapun aktivitas di siang hari, sempatkan waktu minimal 10 menit untuk memejamkan mata (lebih bagus ditempat yang teduh) dan merileks-kan syaraf dengan sejenak melupakan segala apa yang ada di pikiran.

2.KONSUMSI MAKANAN BERGIZI SEIMBANG DAN SEHAT

Stres dapat mengurangi vitamin B dari tubuh, juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi vital. Aktivitas apapun , baik fisik maupun psikis selalu membutuhkan energi. Stres, membuat pengeluaran energi menjadi lebih besar dan boros. Oleh karena itu, jaga pola makan dengan mengonsumsi bahan-bahan bergisi seimbang. Usahakan juga untuk menciptakan suasana yang tenang dan rileks pada saat makan.

Selain itu, biasakan juga mengonsumsi suplemen atau vitamin. Madu dan habbatussauda adalah salah satu jenis suplemen berkualitas yang tak perlu kita ragukan khasiatnya.

3.OLAHRAGA TERATUR

Olahraga, apalagi yang dilakukan secara teratur dan terkontrol, bisa menjadi salah kunci untuk memerangi stres. Olahraga membuat sistem tubuh lebih terlatih dan kuat sehingga tingkat pertahanan dan pencegahan terhadap datangnya stres lebih terjaga. Kala stres terlanjur menyerang, orangraga juga bermanfaat untuk menyalurkan energi. Yang harus diperhatikan adalah jenis olahraganya. Secara umum, aerobik sangat direkomendasikan (misalnya jalan-jalan, lari pagi, bersepeda), karena bisa dilakukan semua usia dan kalangan, tidak tergantung dengan alat, serta mempunyai ritme yang stabil.

4.PERBANYAK DOA, PERKUAT TAWAKAL

Mengapa dengan kadar masalah yang sama, dan situasi kondisi yang relatif tak berbeda, seseorang bisa stres nggak ketulungan, sedangkan orang yang lain tetap tenang-tenang saja? Sebuah persoalan yang dimatamu terlihat besar dan menakutkan, bisa jadi dalam pandangan orang yang lain tidak berarti apa-apa; nggak perlu dipersoalkan, dipikir terlalu dalam, apalagi ditakutkan. Karena kesiapan dan cara pandang masing-masing orang memang tidak sama. Namun jangan khawatir, kemampuan ini bukan bakat mati yang tidak bisa dipelajari. Kalau mau berusaha, siapapun bisa tidak gampang dilanda stres, asal tahu resepnya. Jurus paling pokok dan kunci adalah, selalu pupuk kedekatan kita pada Allah yang Maha Kuasa. Perbanyak doa, dan perkuat tawakal, insyaAllah jiwa kita akan lebih kuat dalam menghadapi segala kesulitan dan cobaan dalam kehidupan.


0 komentar:

Posting Komentar