Rabu, 19 Desember 2012

Bongkar Kebiasaan Lama



Bongkar kebiasaan lama, umat islam harus pintar untuk memilih, memilih sesuatu yang baik dan benar, baik dalam perbuatan, dan benar sesuai tuntunan, itulah karakter seorang muslim. Yang berpegang teguh pada Alquran dan As-Sunnah.

Bongkar kebiasaan lama yang cara ibadahnya hanya warisan dari nenek-moyang saja, tanpa mengetahui apakah ibadah itu ada perintah dari Allah untuk dilaksanakan, atau tuntunan dari Rasulullah. Umat islam dasar hukumnya adalah Alquran dan Sunnah Rasulullah, Janganlah karena banyaknya orang yang melakukan, dan sejak dari dahulu perbuatan itu dikerjakan, menjadi ukuran bahwa perbuatan itu benar dalam islam, Tetapi yang menjadi ukuran ibadah itu baik dan benar adalah, ibadah itu sesuai dengan Alquran dan As-Sunnah

Ibadah yang menurut akal kita baik, yang di situ banyak orang yang melakukannya, dari kalangan anak-anak sampai bapak-bapak, unyu-unyu sampai kakek-kakek, atau bahkan dari kalangan santri sampai kiyai, tetapi ibadah itu tidak pernah dituntunkan oleh Rasulullah, jangan harapkan pahalanya, ibadah yang tidak ada tuntunannya dalam agama, ibadah itu di tolak, bahkan tidak hanya di tolak, tetapi, dikategorikan sebagai ibadah yang bid’ah, ibadah yang sesat, yang membawa ke neraka . Rasulullah bersabda :

“ Barangsiapa yang melakukan suatu amalan yang bukan perintah kami, maka ia tertolak”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1344]

“ Sesungguhnya sebenar benar perkataan adalah kitab Allah, dan sebaik baik petunjuk ialah petunjuk Muhammad, dan sejelek jelek perkara itu yang diada adakan, dan tiap yang diada adakan itu bid’ah, tiap tiap bid’ah itu sesat, dan tiap tiap kesesatan itu di neraka”. [HR. Nasai juz 3, hal. 188]

Oleh karena itu bongkar kebiasaan lama, apabila cara ibadahnya atau ibadahnya itu sendiri  tidak sesuai dengan Alquran dan As-Sunnah, kita bongkar dan kita merujuk kepada kebenaran yang dituntunkan oleh Rasulullah. Karena yang paling tahu cara mendekatkan diri kepada Allah yang baik dan benar adalah Rasulullah. Maka bongkar kebiasaan lama, orang Islam harus berpegang Alquran dan As-Sunnah, karena itulah karakter seorang Muslim.



0 komentar:

Posting Komentar