Senin, 17 Desember 2012

TIDUR NYUNNAH YUK!


Tidur, sebenarnya  rutinitas yang setiap waktu kita lakoni. Bahkan, manusia dianggap  sempurna juga karena punya sifat yang satu ini, yakni mengantuk. Tidur aktifitas sepele, tapi sesuatu yang sepele tersebut dapat bisa mendatangkan pahala besar. mau tahu caranya? Berikut ini langkah-langkahnya :

  a. ketika kantuk menyerang, segerakan untuk tidur . makan di saat lapar,berobat di saat sakit. Begitu pula dengan tidur. Baiknya segera tidur pada saat ngantuk. Rasulullahi pernah berdo’a, “berilah keberkahan pada umatku didalam penyegeraannya” (Riwayat Ahmad)

  b. Tidur diawal waktu, bangun lebih awal. Bahkan Rasulullah lebih menyukai untuk segra tidur setelah isya’ ketika sudah tidak ada aktifitas lain.

  c. Memeriksa dan membersihkan tempat tidur.

  d. wudhu sebelum tidur, kemudian berbaring kearah kanan dan berucap doa “Allahumma bismika amutu wa ahya(dengan Nama-Mu ya Allah, aku mati dan hidup)” [Riwayat bukhari].

  e. Meletakkan kedua telapak tangan dipipi dan berdoa, “Rabbiqinii ‘adzaabaka yauma tab’atsu ‘ibaadaka (Ya Rabbi, lindungilah diriku dari adzab-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu)” [Riwayat Tirmidzi].

  f. ketika bangun dari tidur membaca doa, “Alkhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wailaihin-nusyuuru (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kita setelah mematikan kita dan kepada-Nyalah kita akan kembali)” [Riwayat Bukhari]

Begitulah, tidur yang sesuai sunnah. Moga kita diberi pahala dengan tidur kita

0 komentar:

Posting Komentar