Senin, 17 Desember 2012

Musibah Hanya Sementara





Allah berfirman:

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. [QS. Insyiraah: 5-6].

Hasan Al-Bashri berkata bahwa dulu orang-orang mengatakan: “ satu kesulitan takkan mengalahkan dua kemudahan”.(Tafsir Ibnu Katsir 4/525) maksudnya, kesulitan yang dirasakan dalam dua keadaan, rasanya sama saja. Adapun kemudahan rasanya berbeda-beda. Jadi, kesulitan yang pertama sama saja dengan kesulitan yang ke dua, sedang kemudahan itu berbeda-beda.

Janji Allah Adalah benar, sesungguhnya jika kamu mengalami kesulitan, ketahuilah sesudah kesulitan itu ada kemudahan, bersabar dan tetap beprasangka baiklah terhadap Allah apapun kesulitan yang menimpa dirimu, dan yakinlah bahwa sesudah kesulitan ada kemudahan.

Semua ketetapan Allah yang ditetapkan pada hambanya tak ada yang sia-sia, walaupun itu suatu kesulitan, tetapi dibalik itu ada pelajaran yang dapat dipetik, mungkin akal kita yang tidak bisa  menerima kesulitan itu, tetapi Allah telah menyiapkan segalanya, mungkin dengan melalui jalan kesulitan itulah, kebahagiaan akan kamu dapatkan, atau kesuksesan akan kamu raih.

Karena itu, Wajiblah bagi seorang muslim berbaik sangka terhadap Rabbnya dan menyadari bahwa berbaik sangka terhadap Allah SWT merupakan ibadah dan pendekatan kepada-Nya yang berpahala. Rasulullah bersabda :

Sesungguhnya berbaik sangka itu termasuk ibadah yang baik.[HR. Imam Ahmad 2/297]

0 komentar:

Posting Komentar