Minggu, 23 Desember 2012

Puasa Senin dan Kamis



 Puasa sunnah yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW ada beberapa macam, diantaranya adalah puasa Senin dan Kamis, namanya saja puasa senin dan kamis tentu puasa ini hanya dikerjakan pada hari Senin dan hari Kamis saja. Hukum puasa senin kamis ini ialah sunnah, akan berpahala apabila dikerjakan, dan tidak menjadikan berdosa apabila ditinggalkannya. Tetapi dalam suatu riwayat Rasulullah SAW  biasa mementingkan puasa ini :

Telah berkata ‘Aisyah, “bahwasannya Nabi SAW biasa mementingkan puasa senin dan kamis”. [HR. Khamsah kecuali Abu Dawud]

Selain itu Rasulullah SAW biasa mengerjakan puasa senin dan kamis ini karena pada dua hari tersebut amal-amal perbuatan yang dilakukan manusia itu ditampakkan atau dilaporkan oleh malaikat kepada Allah. Maka akan menjadi kesenangan pada Nabi SAW apabila saat amal itu dilaporkan ia dalam keadaan berpuasa. Sebagaimana sabda Nabi berikut :

Dari Abu Hurairah, bahwasannya Nabi SAW bersabda, “Amal-amal ditampakkan (dilaporkan) setiap hari senin dan kamis. Maka aku senang manakala amalku ditampakkan sedang aku berpuasa”. [HR. Ahmad dan Tirmidzi]

Selain itu juga Rasulullah mengerjakan puasa ini karena hari senin adalah hari kelahiran Rasulullah dan hari diturunkannya wahyu kepada-Nya, sebagaimana sabda beliau berikut :

Dari Abu Qatadah RA, bahwasannya Nabi SAW ditanya tentang berpuasa di hari senin. Maka beliau bersabda, “ Hari senin adalah hari kelahiranKu dan hari diturunkannya wahyu kepadaKu”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]

Walaupun Nabi SAW melakukan puasa ini salah satunya karena pada hari senin adalah hari kelahiran beliau, bukan berarti kita disunnahkan juga untuk berpuasa dihari kelahiran kita. Tetapi yang mnjadikan sunnah untuk kita ikuti adalah harinya yaitu senin dan kamis, bukan sebabnya, yaitu salah satunya karena hari itu kelahiran beliau.

Semoga bermanfaat....

*****

1 komentar:

Assalamu'alaikum

Bolehkah jika hanya puasa senin atau kamis saja? dikarenakan masih lemahnya iman dan atau ada sebab lainnya

Wassalamu'alaikum

Posting Komentar