Rabu, 19 Desember 2012

Membiasakan Diri Seperti Di Bulan Ramadhan


Ramadhan belum lama pergi meninggalkan kita, sejenak kita mengenang amalan amalan yang biasa kita lakukan dibulan Ramadhan, untuk kita terapkan juga di bulan sesudahnya, kalau sebelum ramadhan kita tidak biasa bangun malam, maka setelah menjalani bulan ramadhan kita telah terbiasa bangun malam sebelum shubuh untuk makan sahur, maka setelah ramadhan usai, sebaiknya kebiasaan itu tetap kita lakukan, meskipun tidak untuk makan sahur, tetapi bisa kita gunakan untuk, shalat tahajjud, atau sekedar membaca Alquran, atau yang masih sekolah kita gunakan untuk belajar.

Jika sebelum Ramadhan kita tidak biasa shalat berjamaah, kemudian pada saat ramadhan kita terbiasa shalat berjamaah, biasanya shalat isya’ dan shalat shubuh, karena menurut yang saya amati dua shalat itulah (yang pada umumnya) banyak jamaahnya dibulan ramadhan. Kenapa hanya dua shalat itu yang pada umumnya banyak jamaahnya dibulan ramadhan? Setelah kita coba amati, sebabnya adalah, bila pada bulan ramadhan waktu shalat isya’ itu banyak jamaahnya, karena kebanyakan orang mau menjalankan shalat terawih, karena shalat terawih dikerjakan sesudah isya’, mau tidak mau mesti melakukan shalat isya’ duhulu, kemudian, kenapa shalat shubuh banyak juga jamaahnya dibulan ramadhan? Karena sebelumnya telah terbangun dahulu untuk melakukan makan sahur, sehingga mumpung masih terjaga, sekalian juga melaksanakan shalat shubuh di masjid. Setelah ramadhan pergi kenyataannya keadaan masjid sekarang tak seramai waktu bulan ramadhan, yang biasanya pada waktu ramadhan shalat berjamaah, setelah ramadhan usai tidak kelihatan lagi, maka Alangkah baiknya kebiasaan shalat berjamaah dibulan ramadhan, kita biasakan juga dibulan sesudahnya.

Jika dibulan Ramadhan kita sudah terbiasa melakukan puasa, bahkan mungkin sampai sebulan penuh, maka kebiasaan itu tetap bisa kita lakukan dibulan sesudahnya, yaitu dengan melakukan puasa sunnah, bisa puasa sunnah syawwal, puasa sunnah seninkamis, puasa sunnah 3hari dalam sebulan, dan puasa puasa sunnah lain yang dituntunkan oleh Rasulullah. Jika di bulan ramadhan bisa kita melakukan puasa sebulan penuh, kenapa kita tidak bisa melakukannya dibulan yang lain? Saya rasa itu lebih mudah...karena sesuatu yang sudah terbiasa dilakukan, akan terasa mudah untuk dijalani, dan akan terasa ringan untuk dilakukan.

semoga menjadi pembelajaran untuk kita semua...

0 komentar:

Posting Komentar