Sabtu, 22 Desember 2012

Inilah Jalan Lurusmu

Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling sering di baca oleh seorang muslim, karena surat Al-Fatihah termasuk dalam rukun shalat yang harus di baca, bahkan didalam hadits di sebutkan bahwa tidak sah shalat seseorang apabila dalam shalatnya tidak membaca surat ini. Itu berarti setiap orang islam pasti hafal dengan surat ini. Dan tidak sedikit pula yang hafal artinya, dari arti ayat yang pertama hingga arti ayat yang terakhir.


Paling tidak, minimal 17 kali surat ini di baca dalam sehari, belum lagi kalau ditambah dengan mengerjakan shalat-shalat sunnah, tentu akan dibaca lebih banyak lagi. Akan tetapi walaupun sering di baca setiap hari dan berulang-ulang, kenyataannya tidak sedikit orang yang tidak faham tentang maksut surat Al-Fatihah ini, meski ayatnya sering di baca,tetapi kalau maksut surat itu tidak pernah dipahami, tentu tidak akan bisa paham tentang isi kandungan surat Al-Fatihah ini.

Satu contoh, pada ayat 6 dalam surat Al-Fatihah ini yang artinya “Tunjukilah kami jalan yang lurus”. Kita setiap hari itu selalu membaca ayat ini, suatu ayat yang berupa permohonan, kita selalu minta kepada Allah supaya ditunjukkan kepada jalan yang lurus. jika kita mau mengkaji Alquran, sebenarnya Allah sudah menerangkan kepada kita bahwa jalan lurus adalah “Alquran”. Allah menerangkannya dalam surat Al-An’am : 153...
dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain)[521], karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.
[521]. Maksudnya: janganlah kamu mengikuti agama-agama dan kepercayaan yang lain dari Islam.

Dalam ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa jalan yang lurus itu adalah Alquran, maka Allah pun memerintahkan juga supaya diikuti Alquran itu, dan Allah melarang kita janganlah mengikuti jalan-jalan yang selain Alquran, karena jalan lain yang selain Alquran hanya akan mencerai-beraikan kamu dari jalan Allah.

Dengan memahami ayat tersebut, marilah kita merenung, setiap hari kita selalu meminta kepada Allah supaya ditunjukkan pada jalan yang lurus, dan setelah Allah menjelaskan bahwa jalan yang lurus itu adalah Alquran. Maka sudah saatnya-lah kita kembali kepada kitab suci kita, yaitu Alquran, tidak hanya sekedar kita baca Ayatnya,tetapi kita pahami tiap-tiap ayatnya, dan dari ayat yang sudah kita pahami itu kita amalkan semaksimal mungkin, bila itu suatu perintah maka kita laksanakan, dan apabila itu suatu larangan maka kita berusaha untuk menjahui larangan itu.

Aneh rasanya apabila kita meminta sesuatu, dan permintaan itu sudah diberikan kepada kita, kemudian permintaan itu malah kita tolak, Maka sebagai konskuensi dari permintaan kita kepada Allah, konskuensinya adalah kita ikuti apa yang kita minta itu, yaitu kembali kepada Alquran.

Semoga bermanfaat............

0 komentar:

Posting Komentar