Rabu, 19 Desember 2012

Hakikat Langkahan Kakimu

 Sadar atau tidak sadar, pada hakikatnya tiap langkah kita, tiap aktifitas kita, kita ini sedang berusaha dengan besungguh-sungguh untuk menemui Allah. Bangun tidur, kemudian beraktifitas,  kemudian sampai waktunya tidur lagi dan beraktifitas lagi, itu semua pasti akan dijalani oleh setiap manusia, dan berhentinya aktifitas itu, kalau sudah menemui Allah (mati). Maka pada hakikatnya kita itu sedang berusaha menemui Allah. Dan pasti akan kembali kepada Allah  Allah berfirman :


Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka kamu pasti akan menemui-Nya.[QS. Al-Insyiqaaq :6]
   
maka dari itu, orang bijak mengatakan bahwa :
 “ hidup ini adalah sebuah perjalanan, yang pada akhirnya sampai pada tujuan. ibarat air yang mengalir, ia akan sampaì pada muaranya. ibarat matahari yang terbit dari ufuk timur, ia akan tenggelam di ufuk barat. begitulah, tiap-tiap yang bernyawa pasti akan mati, skalipun ia berada dalam lubang semut yang kecil. beruntunglah siapapun yang ingat akan dekatnya ajal kematian, apalagi membuatnya ingat akan noda dan nista dirinya, karena itu wahai saudaraku, rasanya tidak ada yang bisa kita banggakan di dunia ini, keangkuhan hanyalah bukti dari kebinasaan ”.
 Setiap manusia pasti akan kembali kepada Allah. Itu pasti. Yang perlu menjadi perhatian kita adalah. Allah telah menyiapkan dua tempat kembali bagi manusia, yakni surga dan neraka. Allah telah memberi kebebasan bagi hamba-Nya untuk memilih diantara keduanya, boleh memilih surga dan boleh memilih neraka.

Dua tempat itu, salah satunya akan menjadi tempat kembali kita, entah itu surga ataupun neraka, tergantung amal perbuatan kita dan Rahmat Allah. Dan Allah juga telah menerangkan jalan yang bisa sampai ke surga atau jalan yang membawa ke neraka.

Maka dari itu, karena setiap kita pada hakikatnya sedang berusaha menemui Allah dan pasti akan kembali kepada Allah dan akan menempati salah satu dari dua tempat yang telah dijanjikan Allah. surga atau neraka, surga itu tempat yang sangat indah dan neraka itu tempat yang sangat menyengsarakan, maka hendaknya perjalanan hidup yang sedang kita tempuh ini, dan aktifitas kita setiap hari adalah jalan atau aktifitas yang bisa membawa kita surga, kita tinjau lagi apakah selama ini kita sudah menempuh jalan itu, atau malah sebaliknya, yang kita tempuh malah jalan menuju neraka. Dan  Jalan menuju surga atau jalan yang membawa ke neraka semua telah diterangkan Allah di dalam Alquran dan Petunjuk Rasulullah SAW (hadits).
Selamat berjuang saudaraku... bahagia dan sengsaramu tergantung dari amal perbuatanmu dalam menapaki perjalanan hidup ini...


0 komentar:

Posting Komentar