Kamis, 20 Desember 2012

Yang harus dilakukan jika kita mengalami syak (ragu-ragu) dalam shalat



Mungkin diantara kita pernah mengalami syak (ragu-ragu) di dalam shalat, mungkin karena pikiran lagi kacau, atau istilah jaman sekarang lagi “galau”, sehingga membuat shalat kita tidak khusuk dan akibatnya saat kita mengerjakan shalat terkadang lupa sudah berapa rekaat yang sudah dikerjakannya.

 Keadaan seperti ini tentunya tidak ingin kita alami, tapi terkadang hal itu memang bisa terjadi. Kemudian kalau memang hal itu terjadi pada diri kita, apa yang seharusnya kita lakukan jika kita mengalami keragu-raguan di dalam shalat, sudah berapa rekaat yang telah dikerjakan, dua atau tiga rekat?  tiga atau empat rekaat?

Nabi kita Muhammad SAW telah memberikan petunjuk kepada kita tentang bagaimana menghilangkan keraguan didalam shalat. Dalam sabdanya Rasulullah SAW mengatakan :

Dan apabila seseorang diantara kalian syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, hendaklah ia pilih yang mendekati benar, lalu ia sempurnakan menurut pilihan itu. kemudian hendaklah ia sujut dua kali. [HR. Muslim 1 : 400]

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang diantara kalian syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, yaitu ia tidak tahu apakah ia telah tiga atau empat rekaat, maka hendaklah ia buang yang syak (ragu-ragu) dan kerjakanlah yang mana yang ia yakini, kemudian hendaklah ia sujud dua kali sebelum salam. [HR. Muslim 1 : 400]

Dari dua hadits diatas dapat diambil pengertian bahwa jika kita mengalami syak (ragu-ragu) dalam shalat, yaitu kita lupa sudah berapa rekaat yang telah dikerjakan, maka kita disuruh membuang keraguan kita itu, misalnya, kita ragu jumlah rekaat yang sudah kita kerjakan itu antara tiga dan empat rekaat, kemudian kita buang keraguan itu, caranya yang kita ragukan itukan empat rekaatnya, tetapi kalau yang tiga rekaatkan  tidak kita ragukan, maka kita yakin telah mengerjakan tiga rekaat, tetapi kita ragu tentang empat rekaat itu, maka kita ambil yang kita yakini yaitu tiga rekaat kemudian kita sempurnakan shalat itu dan hendaknya sebelum salam kita melakukan sujud dua kali atau yang biasa disebut sujud sahwi, untuk menyempurnakan shalat yang kita ragukan tadi.

Semoga bermanfaat.....

*****

0 komentar:

Posting Komentar