Senin, 17 Desember 2012

Teladan dari Abu Bakar


Ada satu riwayat yang ingin saya tulis pada artikel saya kali ini, yakni tentang teladan Abu Bakar Ash Shiddiq. Sahabat yang satu ini dikenal memiliki perangai yang terpuji, disamping itu ia juga dikenal  memiliki sikap yang lemah lembut, jujur dan selalu membenarkan apa yang dikatakan oleh Rasulullah, sehingga ia diberi gelar “Ash Shiddiq”.

Diantara sikap terpuji yang ada pada diri Abu Bakar adalah, Beliau selalu berlomba-lomba dalam bersegera mengerjakan kebaikan-kebaikan berdasarkan kemampuannya. Ketika para sahabat lain dalam satu hari tidak bisa mengerjakan berbagai hal kebaikan, tetapi tidak untuk sahabat Abu Bakar ini. dalam suatu riwayat disebutkan

Abu Hurairah RA suatu ketika bercerita; Rasulullah SAW bertanya, “siapakah diantara kalian yang berpuasa hari ini?”

Abu Bakar menjawab,“aku”

Beliau bertanya lagi,“lalu siapa di antara kalian yang mengiringi (mengantarkan) jenazah hari ini?”

Abu Bakar menjawab, “aku”

Beliau bertanya lagi, “lalu siapakah di antara kalian yang memberi makan orang miskin hari ini?”

Abu Bakar menjawab, “aku”

Beliau bertanya lagi, “lalu siapakah diantara kalian yang menjenguk orang sakit hari ini?”

Abu Bakar menjawab, “aku”

Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda, “tidaklah kesemua perbuatan amal itu terkumpul pada diri seseorang, melainkan seseorang itu dijamin masuk surga.” [HR. Muslim]

 Sungguh teladan yang baik untuk kita tiru, sosok yang mampu mengerjakan berbagai hal kebaikan dalam kesehariannya, dalam sehari terkumpul padanya rangkaian amalan ibadah yang beraneka macam seperti yang disebutkan hadits diatas.

Semoga kita diberi kemudahan oleh Allah untuk selalu berbuat baik, dan bisa meniru apa yang dilakukan  sahabat Abu Bakar Ash Shiddiq.

0 komentar:

Posting Komentar