Senin, 17 Desember 2012

Doa ketika keluar dari rumah



Pada artikel saya kali ini, saya akan menulis tentang doa ketika keluar dari rumah. Mungkin ada yang menanggapi walaupun tidak di dalam komentar, kalau doa itu aku sudah tahu mas, doanya ini kan, “Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billah ?”. benar...Alhamdulillah kalau sudah tahu, tetapi pada artikel saya kali ini saya akan menuliskan doa-doa yang biasa dibaca Rasulullah SAW ketika hendak keluar rumah. Nah, ternyata Rasulullah itu tidak hanya berdoa seperti yang diatas tadi, tapi Beliau pernah membaca doa yang lain, yang mungkin kamu semua belum tahu.

Oleh karena itu saya akan menuliskan beberapa hadits Rasulullah SAW yang menerangkan tentang doa yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW ketika hendak keluar rumah. Dan haditsnya adalah sebagai berikut :

Dari Anas bin Malik, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berdoa, yakni ketika keluar dari rumahnya : Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billah. (Dengan Nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah). dikatakan kepadanya, “kamu telah tercukupi dan telah terjaga, dan syaitan menjauh darinya”. [HR. Tirmidzi, dan ia berkata : hadits hasan shahih gharib, juz 5, hal. 154]

Dari Ummu Salamah bahwasannya Nabi SAW apabila beliau keluar dari rumah, beliau berdoa : Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi,  Allaahumma innaa na’uudzu bika min an nazilla au nadlilla au nadlillima au nudllama au najhala au yujhala ‘alainaa (Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, sesungguhnya kami berlindung kepadamu dari tergelincir atau berbuat sesat atau mendlalimi atau didlalimi atau berbuat bodoh atau kami dibodohi orang). [HR. Tirmidzi, dan ia berkata : Hadits hasan shahih, juz 5, hal. 155]

Dari Abu Hurairah bahwasannya Nabi SAW apabila keluar dari rumah, beliau berdoa, “Bismillaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah, attuklaanu ‘alallaah. (Dengan nama Allah, tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali pada Allah. Aku bertawakal kepada Allah). [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 1278, dalam sanadnya ada ‘Abdullah bin Husain yang dilemahkan oleh Abu Zar’ah, Bukhari dan lbnu Hibban]

Kalau  mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa doa ketika keluar rumah itu seperti hadits yang pertama, maka setelah membaca artikel ini, kita menjadi tambah  tahu ternyata ada doa yang lain yang nantinya bisa kita amalkan atau bisa kitabaca disaat kita hendak keluar dari  rumah. Nah untuk hadits yang ketiga haditsnya dilemahkan oleh Abu Zar’ah, Bukhari dan lbnu Hibban, maka tidak bisa dijadikan dasar hukum, atau paling tidak wong ada hadits yang shahih yang bisa kita amalakan, mengapa harus mengamalkan hadits yang dlaif atau lemah.

Alhamdulillah, selesai sudah artikel saya tentang doa ketika keluar rumah ini, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat untuk kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar