Senin, 17 Desember 2012

Do'a ketika mengalami kesusahan


Asalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Alhamdulillah semoga kabar baik menyertai antum semua. Artikel saya kali ini saya akan menulis tentang do’a, yakni tentang do’a ketika mengalami kesusahan. Dan pastinya do’a ini berdasarkan tuntunan Rasulullah SAW.

Setiap orang di dalam hidupnya pasti adakalanya mengalami kesusahan, itu adalah hal yang pasti. Nah ketika kita mengalami kesusahan kita dituntut untuk bersabar, tidak mengeluh dan tetap beprasangka baik kepada Allah atas kesusahan itu, karena kesusahan itu atas takdir Allah juga. Dan takdir Allah itu tidak ada yang sia-sia, pasti ada kabaikannya di balik itu.

  Dan do’a yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW saat beliau susah adalah sebagai berikut :

Dari lbnu ‘Abbas bahwasannya Nabiyallah SAW setiap kali sedang susah selalu berdo’a, “Laa ilaaha ilallaahul ‘adhiimul haliim, laa ilaaha ilallaahu rabbul ‘arsyil ‘adhiim, laa ilaaha ilallaahu rabbus-samaawaati wa rabbul ardlii wa rabbul ‘arsyil kariim. (tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan Selain Allah, Tuhannya ‘arsy yang Maha Agung. Tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhannya segenap langit, Tuhannya bumi, dan Tuhannya ‘arsy Yang Maha Mulia)”. [HR. Muslim juz 4, hal. 2092]

Selain kita bisa membaca do’a diatas ketika kita mengalami kesusahan, kita juga dibolehkan membaca do’anya Nabi Yunus saat beliau mengalami kesusahan, yaitu saat Nabi Yunus berada di perut ikan, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW berikut:

Dari Sa’ad bin Abi Waqqash RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “do’anya Dzun Nuun (Nabi Yunus bin Mata AS) ketika beliau berdoa di dalam perut ikan ialah Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka innii kuntu minadh-dhoolimiin. (Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dhalim). Sesunggunya tidaklah seorang muslim berdo’a dengannya pada suatu apapun kecuali Allah pasti mengabulkannya”. [HR. Tirmidzi, dan lafadh itu baginya, Nasa’i dan Hakim, ia berkata : Shahih sanadnya].

Nah dari kedua do’a itu kita bisa memilih yang mana yang akan kita baca saat kita mengalami kesusahan. Demikianlah artikel saya kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua.

0 komentar:

Posting Komentar